Risoles Mayonaise | Resep Jajanan Pasar

Risoles Mayonaise makanan jajanan pasar yang bisa disajikan pada saat minum teh ataupun kopi di pagi hari, siang atau pun di sore hari. Risoles isi sayur umumnya di sajikan untuk pendamping makan nasi atau pun lontong. Risoles juga sering di sajikan pada acara hajatan tertentu, rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya dan yang sering kita temukan adalah Risoles isi Sayur ataupun isi mayonaise.

Isi dari risoles bisa bervariasi tergantung selera seseorang, di sini saya akan membuat Risoles mayonaise sebagai Resep Jajanan Pasar.

Risoles di Indonesia

Dipercaya risoles berasal dari Eropa, tepatnya Belanda. Istilah “rissole” sendiri berasal dari bahasa Prancis “rissoler” yang berarti “menggoreng hingga cokelat keemasan”. Resep awal risoles berisi daging sapi cincang dan sayuran yang dibungkus dengan kulit pastry lalu digoreng.

Selama masa penjajahan Belanda, risoles dibawa ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia beradaptasi dengan resep ini. Isian risoles dimodifikasi menggunakan bahan-bahan lokal yang lebih mudah didapatkan, seperti wortel, kentang, dan bihun.

Asal-usul Isian Mayonaise

Belum diketahui pasti kapan mayonaise mulai dimasukkan ke dalam isian risoles. Kemungkinan besar penggunaannya terjadi setelah kemerdekaan Indonesia, seiring dengan semakin mudahnya didapatkan saus mayonaise di pasaran.

Mayonaise menambah cita rasa gurih dan creamy pada isian risoles. Teksturnya yang lembut berpadu dengan isian yang gurih dan kulit yang renyah menciptakan sensasi yang nikmat. Selain itu, mayonaise juga membantu mengikat isian agar tidak mudah berantakan.

Resep Risoles Mayonaise

Gambar: Risoles Mayonaise
Gambar: Risoles Mayonaise

Nah ini dia resep dan cara membuat risoles mayonaise versi saya, risoles mayonaise ini sangat cocok untuk sarapan pagi yang dihidangkan dengan secangkir kopi ataupun teh serta bisa juga sebagai snack tambahan ketika makan nasi di siang hari.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • Wortel 150gr, dipotong dadu kecil
  • Bawang bombay 1/2 butir dipotong kecil
  • Kentang 100gr, dipotong dadu kecil
  • Gula pasir
  • Garam
  • Pala bubuk
  • Lada bubuk
  • Minyak goreng
  • Susu kental manis
  • Mayonaise manis

Cara membuat Risoles Mayonaise:

  1. Panaskan wajan, tambahkan minyak goreng sedikit, kemudian bawang bombay tumis hingga layu.
  2. Tambahkan wortel, kentang, aduk-aduk, tambahkan gula secukupnya sesuai selera, tambahkan garam, lada bubuk, aduk-aduk kembali, terakhir tambahkan airnya dan masak terus hingga empuk.
  3. Tambahkan pala bubuk saat sayuran sudah setengah matang.
  4. Masukkan 2sdm tepung terigu ke dalam gelas, tambahkan air 100ml, tambahkan susu kental manis, aduk hingga tercampur rata.
  5. Ketika sayuran sudah hampir matang, tambahkan larutan campuran tepung terigu tadi, sehingga sayuran menjadi mengental.
  6. Ketika sayuran sudah masak, matikan kompor, pindahkan sayuran ke dalam tempat lain.

Bahan yang disiapkan untuk adonan kulit:

  • Telur 1 butir
  • Tepung kanji 1/2 sdt
  • Garam
  • Tepung terigu protein sedang 150gr
  • Air 350ml

Cara membuat adonan kulit:

  1. Siapkan tepung terigu, tambahkan garam, tepung kanji, telur, aduk-aduk sambil tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi halus, adonan jangan terlalu cair ataupun terlalu kental, cukup sedang-sedang saja.
  2. Panaskan wajan datar / teflon, menggunakan api sedang saja, tuangkan adonan kulit tipis saja ke atas wajan.
  3. Tunggu sebentar angkat dan letakkan di atas piring, berikan isian risoles, kemudian lipat sesuai bentuk risoles yang diinginkan (segitiga, tabung dll).
  4. Setelah semua risoles selesai dibentuk, celurkan ke dalam sisa adonan kulit, kemudian balurkan dengan tepung roti / panir.
  5. Goreng risoles dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan.

Selamat mencoba dan jangan lupa subscribe ke channel youtube kami ya, supaya apa? tentunya yang pertama supaya kami senang dan selebihnya agar kalian tidak ketinggalan konten terbaru lainnya dari kami, follow instagram dan twitter kami juga karena nanti bakal sering share konten di situ, juga subscribe ke website ini ya caranya ada di bawah.

Apakah kamu sudah pernah mencoba Resep Risoles Mayonaise ini? Atau mungkin belum berminat untuk mencobanya? Kenapa? Bagikan pengalaman dan saran kamu di kolom komentar di bawah. Cerita kamu bisa menjadi inspirasi bagi pembaca lain yang singgah di resep ini dan juga pastinya membantu kami untuk terus menyajikan konten yang lebih baik. Jangan ragu untuk bertanya atau memberikan masukan, karena setiap tanggapan kamu sangat berharga bagi kami!

Akhirnya jika kamu merasa konten ini bermanfaat dan bisa berguna bagi teman kamu, sodara, tetangga, teman kantor, teman sekolah maupun orang lain yg tidak kamu kenal sama sekali, tidak perlu ragu untuk berbagi hal baik, share konten ini di media sosial kamu apakah itu ke whatsapp grup, ke twitter, ke instagram, ke facebook, ke grup telegram dan sebagainya, kami sudah siapkan tombol untuk share juga ada di bawah tinggal di pencet aja. Karena apa?

Karena berbagi hal baik, sekecil apapun itu, adalah amal baik yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari kiamat.


Suka dengan artikel-artikel di blog ini? Ingin membantu blog ini terus berkembang dan menghasilkan konten yang bermanfaat?

Subscribe yuk! Dengan memasukkan alamat email, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada artikel baru.

Kenapa mesti Subscribe?

Discover more from NadyaCooking

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Exit mobile version