Resep Kue Kering Semprit | Kue Kering Lebaran

kue semprit dahlia

Resep Kue Kering Semprit Dahlia dan  Cara membuat kue kering Semprit Dahlia. Kue kering dengan bentuk bunga Dahlia dan berhiaskan choco chips di bagian tengahnya. Bahan kue kering ini mirip dengan kue sagu keju, hanya berbeda pada penggunaan tepungnya. Kue Dahlia menggunakan tepung terigu.

Sekilas Sejarah

Kue kering semprit dahlia, dengan bentuknya yang cantik menyerupai bunga dahlia, memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Asal usulnya tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan kue ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pada masa itu, kue semprit dahlia mungkin hanya dinikmati oleh kalangan bangsawan karena bahan-bahannya yang tergolong mahal. Seiring waktu, kue ini menjadi populer di kalangan masyarakat luas dan menjadi kue favorit banyak orang.

Popularitas

Kue kering semprit dahlia populer di Indonesia karena beberapa alasan:

  • Rasa yang lezat: Kue ini memiliki rasa manis dan gurih yang khas dengan teksturnya yang renyah.
  • Bentuk yang cantik: Bentuknya yang menyerupai bunga dahlia membuatnya terlihat menarik dan menggugah selera.
  • Mudah dibuat: Kue ini mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan.
  • Cocok untuk berbagai acara: Kue kering semprit dahlia cocok dinikmati pada berbagai acara, seperti lebaran, natal, tahun baru, atau acara keluarga lainnya.

Selain rasanya yang enak dan gurih, kue ini juga disukai oleh semua kalangan baik anak-anak atau pun orang dewasa.

Resep Kue Kering Semprit Dahlia

Resep kue kering semprit dahlia cukup beragam, namun umumnya terdiri dari tepung terigu, gula, butter, telur, dan ekstrak vanila. Adonan dicetak dengan spuit khusus untuk menghasilkan bentuk bunga dahlia yang cantik. Kue ini kemudian dipanggang hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

Bahan-bahan yang disiapkan:

  • Tepung terigu protein sedang 275gr
  • Tepung gula 125gr
  • Kuning Telur 1 butir
  • Mentega 185gr
  • Coklat chips secukupnya (berbentuk kerucut)
  • Vanilla extract
  • Susu Bubuk 1/2sdm
  • Tepung maizena 1/2sdm

Cara membuatnya:

  1. Masukkan kuning telur ke dalam wadah, tambahkan tepung gula, mentega, aduk bahan ini menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan vanilla extract sekitar 3 tetes saja, maizena, susu bubuk, aduk kembali menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil aduk adonan menggunakan spatula
  4. Siapkan loyang panggang, alasi dengan kertas roti, oleh kertas roti dengan mentega tipis saja. Cetak adonan sesuai dengan bentuk kue yang diinginkan di atas loyang panggang. Letakkan coklat chips di atas adonan yang sudah dibentuk sebagai kue.
  5. Panaskan oven hingga temperatur 160C, kemudian panggang kue selama lebih kurang 20 menit, atau hingga bagian bawah kue berwarna kuning kecoklatan, itu tandanya sudah matang dan sudah bisa dikeluarkan dari oven.

Kue kering semprit dahlia adalah kue kering klasik yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki rasa yang lezat, bentuk yang menarik, dan mudah dibuat. Kue kering semprit dahlia cocok dinikmati pada berbagai acara dan menjadi favorit banyak orang.

Selamat mencoba dan subscribe ke channel youtube kami ya, supaya apa? tentunya yang pertama supaya kami senang dan selebihnya agar kalian tidak ketinggalan konten terbaru lainnya dari kami, follow instagram dan twitter kami juga karena nanti bakal sering share konten di sana, juga subscribe ke website ini ya caranya ada di bawah.

Akhirnya jika kamu merasa konten ini bermanfaat dan bisa berguna bagi teman kamu, sodara, tetangga, teman kantor, teman sekolah maupun orang lain yg tidak kamu kenal sama sekali, tidak perlu ragu untuk berbagi hal baik, share konten ini di media sosial kamu apakah itu ke whatsapp grup, ke twitter, ke instagram, ke facebook, ke grup telegram dan sebagainya, kami sudah siapkan tombol untuk share juga ada di bawah tinggal di pencet aja. Karena apa?

Karena berbagi hal baik, sekecil apapun itu, adalah amal baik yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari kiamat.


Suka dengan artikel-artikel di blog ini? Ingin membantu blog ini terus berkembang dan menghasilkan konten yang bermanfaat?

Subscribe yuk! Dengan memasukkan alamat email, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada artikel baru.

Kenapa mesti Subscribe?

4 thoughts on “Resep Kue Kering Semprit | Kue Kering Lebaran”

  1. Pingback: Resep Kue Kering Semprit Dahlia – KulSantara
  2. Pingback: video resep : Resep Kue Kering Semprit Dahlia - Nadiasalama Story

Leave a ReplyCancel reply

Discover more from NadyaCooking

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Exit mobile version