Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju

Halo,

Kue Putri Salju nadyacooking.com
Kue Putri Salju nadyacooking.com

Kali ini saya mau berbagi resep dan cara membuat kue putri salju, biasanya kue ini kita temukan pada perayaan hari besar seperti lebaran, natal, tahun baru maupun imlek.

Kue Putri Salju memiliki sejarah yang menarik di Indonesia. Kue ini berasal dari tradisi Eropa, khususnya di Austria dan Jerman, di mana biasanya disajikan saat Natal. Di Indonesia, kue ini menjadi populer terutama saat perayaan Lebaran, Natal dan Tahun Baru serta saat Imlek. Kue Putri Salju disukai karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis gurih, ditambah dengan taburan gula halus yang dingin di lidah, jadi disukai oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orangtua.

Popularitas kue Putri Salju di Indonesia juga berkaitan dengan sejarah kolonial, di mana kue-kue Eropa diperkenalkan selama masa penjajahan Belanda. Kue ini kemudian diadopsi menjadi bagian dari tradisi kuliner lokal, terutama saat perayaan Idulfitri, sebagai simbol kebahagiaan dan keramahan untuk disajikan kepada tamu. Bentuknya yang unik dan taburan gula halus yang menyerupai salju menjadikan kue ini sangat dikenal dan menjadi favorit selama hari raya baik itu lebaran, natal dan tahun baru serta imlek.

Bahannya yang gampang didapat dan cara membuatnya yang sederhana jadi alasan kenapa banyak yang mahir dalam membuat kue putri salju ini.

Bahan-bahan:

  • 175gr Tepung terigu p. sedang
  • 50gr Tepung gula
  • 1 butir Kuning telur
  • 50gr Keju cheddar parut
  • 1 sdm room butter
  • 1 1/2 sdm Tepung susu
  • 155gr Mentega
  • 1 1/2 sdm Kacang mente dihaluskan 

Cara membuatnya:

  1. Campurkan mentega, room butter,  kuning telur, tepung gula dalam wadah, kemudian aduk hingga tercampur rata.
  2. Setelah tercampur rata, masukkan keju cheddar parut dan kacang mente, aduk kembali sebentar saja.
  3. Tambahkan tepung susu dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai spatula. Jika adonan terasa masih lembek, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  4. Selanjutnya rolling adonan, buat dengan ketebalan lebih kurang sekitar 1 cm.  Cetak adonan menggunakan bentuk bulan sabit.
  5. Panaskan oven pada suhu 170C, kemudian panggang kue selama lebih kurang 20 menit.
  6. Masukkan kue yang masih hangat ke dalam tepung gula dan lumuri dengan sendok, ini akan membuat gulanya lengket di kue.
  7.  Angkat kue yang sudah dilumuri dengan tepung gula, letakkan di piring.

Selamat mencoba dan jangan lupa subscribe ke channel youtube kami ya, supaya apa? tentunya yang pertama supaya kami senang dan selebihnya agar kalian tidak ketinggalan konten terbaru lainnya dari kami, follow instagram dan twitter kami juga karena nanti bakal sering share konten di situ, juga subscribe ke website ini ya caranya ada di bawah.

Apakah kamu sudah mencoba resep kue putri salju ini? Atau mungkin kamu memiliki tips khusus untuk membuatnya lebih istimewa? Bagikan pengalaman dan saran kamu di kolom komentar di bawah. Cerita kamu bisa menjadi inspirasi bagi pembaca lain yang singgah di resep ini dan juga pastinya membantu kami untuk terus menyajikan konten yang lebih baik. Jangan ragu untuk bertanya atau memberikan masukan, karena setiap tanggapan kamu sangat berharga bagi kami!

Akhirnya jika kamu merasa konten ini bermanfaat dan bisa berguna bagi teman kamu, sodara, tetangga, teman kantor, teman sekolah maupun orang lain yg tidak kamu kenal sama sekali, tidak perlu ragu untuk berbagi hal baik, share konten ini di media sosial kamu apakah itu ke whatsapp grup, ke twitter, ke instagram, ke facebook, ke grup telegram dan sebagainya, kami sudah siapkan tombol untuk share juga ada di bawah tinggal di pencet aja. Karena apa?

Karena berbagi hal baik, sekecil apapun itu, adalah amal baik yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari kiamat.


Suka dengan artikel-artikel di blog ini? Ingin membantu blog ini terus berkembang dan menghasilkan konten yang bermanfaat?

Subscribe yuk! Dengan memasukkan alamat email, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada artikel baru.

Kenapa mesti Subscribe?

One thought on “Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju”

Leave a ReplyCancel reply

Discover more from NadyaCooking

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Exit mobile version