Resep Bikin Kue Lidah Kucing Keju

KUE LIDAH KUCING
KUE LIDAH KUCING

Hai semua, kali ini saya akan berbagi Resep Bikin Kue Lidah Kucing Keju Anti Gagal yang simple dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana juga. Membuat kue kering lidah kucing ini memang gampang tapi kalau tidak mengikuti ukuran dan instruksi dengan benar, bisa jadi kue lidah kucingnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Disamping itu karena bentuknya yang tipis maka sangat penting untuk mengikuti tahapan saat memanggang kue ini, baik temperature oven maupun berapa lama di dalam oven, agar kue benar masak dan renyah namun tidak gosong.

Sejarah Kue Lidah Kucing

Kue lidah kucing, atau “Kattentongen” kalau dalam bahasa Belanda, adalah warisan kuliner dari Eropa ya. Kue Lidah Kucing ini berasal dari Belanda yang muncul pada akhir abad ke-19 dan seiring berjalannya waktu, kue ini tiba di Indonesia yang kemudian menjadi bagian dari sejarah kuliner Nusantara.

Popularitas Kue Lidah Kucing di Indonesia

Di Indonesia, kue lidah kucing menjadi simbol perayaan dengan rasa yang enak, gurih, dan tekstur yang renyah, kue ini sering hadir dalam momen-momen spesial seperti Lebaran, Natal, dan Imlek. Bentuknya yang tipis dan panjang oval, sekitar 4-6 cm, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk menemani secangkir teh atau kopi.

Pada masa penjajahan, kue ini merupakan hidangan eksklusif yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan ningrat dan bangsawan, namun kini sudah menjadi bagian dari tradisi kuliner yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Resep Membuat Kue Lidah Kucing

Nah nantinya loyang yang digunakan itu bisa didapatkan di toko-toko yang menjual bahan kue atau bahkan dipasar-pasar, biasanya loyang lidah kucing terbuat dari bahan aluminium yang tipis, jangan lupa juga polesi loyang dengan mentega tipis-tipis saja agar nanti mudah mengangkat kue lidah kucing dari loyang ini, penting banget karena bisa saja kue patah ketika hendak diangkat dari loyang.

Bahan-bahan yang disiapkan sbb:

  • Putih telur 3 butir
  • Mentega aroma butter 125gr
  • Tepung gula 120gr
  • Terigu protein sedang 125gr
  • Keju chedar parut 50gr

Kemudian cara membuat kue lidah kucing sbb:

  1. Masukkan putih telur ke dalam wadah, kocok menggunakan mixer hingga putih dan kaku, setelah kaku pindahkan ke tempat lain.
  2. Masukkan mentega ke dalam wadah, tambahkan tepung gula, mixer kedua bahan ini hingga tercampur rata.
  3. Setelah mentega dan tepung gula tercampur rata, dengan tetap di mixer kecepatan rendah, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, setelah masuk semua, mixer kembali seperti sebelumnya agar tercampur rata.
  4. Selanjutnya giliran putih telur yang sudah putih dan kaku dimasukkan sedikit demi sedikit dengan keadaan mixer kecepatan rendah, kemudian tambahkan keju chedar, biarkan mixer mengaduk sebentar, kemudian matikan mixer.
  5. Masukkan adonan yang sudah tercampur semua tadi ke piping bag -size besar atau jumbo-, siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega tipis-tipis, semprotkan adonan secara perlahan ke loyang yang sudah disiapkan.
  6. Panaskan oven sehingga mencapai temperature 165 atau 170C, panggang adonan hingga pinggiran kue lidah kucing terlihat kuning kecoklatan, atau sekitar 15 s.d 17 menit.
  7. Setelah matang, angkat loyang dari oven dan kemudian lepaskan kue lidah kucing dari loyangnya satu persatu.

Kue lidah kucing yang enak dan renyah sudah bisa langsung dinikmati ataupun dihidangkan.

Selamat mencoba dan subscribe ke channel youtube kami ya, supaya apa? tentunya yang pertama supaya kami senang dan selebihnya agar kalian tidak ketinggalan konten terbaru lainnya dari kami, follow instagram dan twitter kami juga karena nanti bakal sering share konten di sana, juga subscribe ke website ini ya caranya ada di bawah.

Akhirnya jika kamu merasa konten ini bermanfaat dan bisa berguna bagi teman kamu, sodara, tetangga, teman kantor, teman sekolah maupun orang lain yg tidak kamu kenal sama sekali, tidak perlu ragu untuk berbagi hal baik, share konten ini di media sosial kamu apakah itu ke whatsapp grup, ke twitter, ke instagram, ke facebook, ke grup telegram dan sebagainya, kami sudah siapkan tombol untuk share juga ada di bawah tinggal di pencet aja. Karena apa?

Karena berbagi hal baik, sekecil apapun itu, adalah amal baik yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari kiamat.


Suka dengan artikel-artikel di blog ini? Ingin membantu blog ini terus berkembang dan menghasilkan konten yang bermanfaat?

Subscribe yuk! Dengan memasukkan alamat email, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada artikel baru.

Kenapa mesti Subscribe?

One thought on “Resep Bikin Kue Lidah Kucing Keju”

Leave a ReplyCancel reply

Discover more from NadyaCooking

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Exit mobile version