Kue Dadar Gulung

kue dadar gulung
kue dadar gulung

Kue dadar gulung merupakan kue basah tradisional yang gampang kita temukan sehari-hari, kue dadar gulung ini selain enak dan murah, juga tidak susah dalam pembuatannya.

Jenis kue dadar gulung yang paling familiar dan sering kita temukan adalah dadar gulung dengan khas olahan parutan kelapa atau unti sebagai isinya.

Kue basah ini memang sangat populer di tengah masyarakat, mulai dari kuli bangunan hingga kuli kantoran, dari anak TK sampai ibu-ibu pengajian, wajar jika kue ini banyak digemari. Selain rasanya yang enak dan empuk, kue dadar gulung harganya terjangkau dan mudah didapatkan.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi resep dan cara membuat kue dadar gulung, anda juga bisa melihat video nya di sini, jadi mari kita mulai…

Bahan-bahan:

  • Unti secukupnya
  • 500cc santan
  • Pasta pandan secukupnya
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Tepung kanji
  • Minyak sayur
  • 250gr Tepung terigu

Membuat adonan kulit:

Tuangkan tepung terigu ke dalam mangkok, tambahkan santan sambil diaduk secara perlahan, masukkan garam, tepung kanji, aduk terus hingga adonannya menjadi halus atau bisa juga sambil disaring. Terakhir, tambahkan pasta pandan.

Memasak adonan kulit:

Oleskan tipis saja minyak sayur di atas wajan datar sambil dipanaskan. Setelah wajan panas, tuangkan satu centong adonan sambil diratakan dan disebarkan merata dan tipis, tunggu hingga warna hijau muda menghilang untuk menandakan adonan sudah masak.

Berikan sedikit minyak sayur di atas piring datar. Setelah warna hijau di wajan kelihatan merata, maka sudah bisa diangkat ke piring yang sudah disiapkan dan diberi minyak sayur sebelumnya. Tekstur kulit dadar yang bagus adalah terlihat berpori-pori.

Membentuk kue dadar gulung:

Berikan satu sendok makan unti, kemudian gulung kulit dadar sehingga membentuk kue dadar gulung seperti yang kita ketahui. Kue dadar gulung sudah bisa disajikan.

Lihat cara membuatnya di sini.

7 thoughts on “Kue Dadar Gulung”

  1. Mba Nadya, sy seneng liat mba klo lg bikin makanan krn jelas, mudah n praktis. Boleh ga minta resep puding mangga. Tks

Leave a ReplyCancel reply

Discover more from NadyaCooking

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Exit mobile version