Resep Bolu Pandan – Sponge Cake Recipe

Bolu pandan adalah kue bolu Indonesia yang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan aromanya yang harum pandan. Bolu ini memiliki rasa manis dan gurih dengan warna hijau muda dari ekstrak daun pandan. Bolu pandan umumnya berbentuk bulat, persegi, atau panjang, dan dapat dinikmati polos atau dengan berbagai topping seperti keju parut, kismis, atau glaze.

Sejarah Singkat

Asal usul bolu pandan tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan kue ini ada sejak zaman penjajahan di Indonesia, dikarenakan kue bolu bukan asli berasal dari nusantara, melainkan kuliner yang dibawa oleh penjajah ke negeri kita. Pada masa itu, bolu pandan mungkin hanya dinikmati oleh kalangan bangsawan karena bahan-bahannya yang tergolong mahal. Seiring waktu, bolu pandan menjadi populer di kalangan masyarakat luas dan menjadi kue favorit banyak orang.

Kue ini adalah salah satu kue yang terkenal serta banyak di sukai oleh masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bolu Pandan memiliki citarasa yang sangat enak dan juga teksturnya yang empuk, bolu Pandan ini digemari dan sukai oleh siapa saja.

Bolu pandan merupakan salah satu kue yang paling populer di Indonesia. Kue ini sering disajikan dalam berbagai acara, seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara keluarga lainnya. Bolu pandan juga mudah dibuat dan dapat dimodifikasi dengan berbagai topping dan rasa.

Lembut, empuk serta gurih dan wangi membuat semua orang suka kue ini. Sebagai sajian yang cocok untuk acara keluarga maupun acara resmi di kantor ataupun boleh juga sebagai hidangan untuk tamu yang kebetulan berkunjung ke rumah. Berikut resep Bolu Pandan dan cara membuat bolu pandan:

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 300gr
  • Telur Ayam 6butir
  • Baking Powder 1sdt
  • Pasta pandan
  • Ovalet
  • Gula Pasir 250gr
  • Santan Kental 200cc

Cara Membuatnya:

  1. Campurkan baking powder ke dalam tepung terigu, sambil diaduk sebentar
  2. Campur telur, ovalet dan gula pasir dalam wadah, aduk hingga mengembang sempurna
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk secara perlahan
  4. Tambahkan santan ke dalam adonan, aduk perlahan, tambahkan pasta pandan
  5. Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, rapikan dan ratakan
  7. Panggang selama 30 menit dengan suhu 180C
  8. Setelah matang, keluarkan dari panggangan dan dinginkan selama 15 menit

Selamat mencoba dan subscribe ke channel youtube kami ya, supaya apa? tentunya yang pertama supaya kami senang dan selebihnya agar kalian tidak ketinggalan konten terbaru lainnya dari kami, follow instagram dan twitter kami juga karena nanti bakal sering share konten di sana, juga subscribe ke website ini ya caranya ada di bawah.

Akhirnya jika kamu merasa konten ini bermanfaat dan bisa berguna bagi teman kamu, sodara, tetangga, teman kantor, teman sekolah maupun orang lain yg tidak kamu kenal sama sekali, tidak perlu ragu untuk berbagi hal baik, share konten ini di media sosial kamu apakah itu ke whatsapp grup, ke twitter, ke instagram, ke facebook, ke grup telegram dan sebagainya, kami sudah siapkan tombol untuk share juga ada di bawah tinggal di pencet aja. Karena apa?

Karena berbagi hal baik, sekecil apapun itu, adalah amal baik yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari kiamat.


Suka dengan artikel-artikel di blog ini? Ingin membantu blog ini terus berkembang dan menghasilkan konten yang bermanfaat?

Subscribe yuk! Dengan memasukkan alamat email, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada artikel baru.

Kenapa mesti Subscribe?

9 thoughts on “Resep Bolu Pandan – Sponge Cake Recipe”

  1. Mbak Nadya saya udah nyoba resepnya memang enak. Tapi saya uda dua kali pake loyang yg sudah dioles mentega dan ditaburin terigu kenapa tetep lengket ya?any tips?Misal loyang itu dialasi kertas, gpp?kertasnya diolesin ga?dijawab ya mbak..makasih

  2. Hi nadya
    Saya senang semua resep2 nya
    Bole request resep lapis surabaya yg enak please. Thanks

  3. You didn’t mention how many gram Ovalet you use in your Pandan Cake recipe. Can you tell me how many Ovalet you use in your recipe?? I appreciate your help.

    Greetz
    Doreen (from Holland)

Leave a ReplyCancel reply

Discover more from NadyaCooking

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Exit mobile version